PASANGAN PENGANTIN KLATEN TEBAR IKAN

Klaten : Pasangan pengantin di Kampung Sidorejo Kecamatan Klaten Tengah, melakukan prosesi tebar ratusan ikan di alur Sungai Lunyu, di kampung tersebut, sebagai salah satu syarat untuk bisa menikah.

Pasangan pengantin tersebut yakni Wahudin (27) tahun dan Desi Karmila (25) tahun melangsungkan pernikahan ditandai denganmenebaran ratusan bibit ikan bawal, nila dan ikan lele di alur sungai Kali Lunyu, setelah melangsungkan ijab khobul yang dilaksankan Minggu (19/2/2019).

Sebelumnya, pasangan pengantin diarak dengan cara naik becak dan diantar oleh sejumlah tamu undangan menuju sungai serta langsung menebar bibit ikan yang sudah dipersiapkan.

Ketua RW 011, Kampung Sidorejo, Siswanto kepada wartawan mengatakan, penebaran ikan di Sungai Lunyu sudah yang ketujuh kalinya dilakukan pagi setiap pasangan pengantin di Kampung Sidorejo.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan kesepakatan  para warga, sehingga jika ada pengantin baru, maka mereka diminta menebarkan ikan ke Kali Lunyu.

“Kalau ada yang menikah diusahakan bisa menebar ikan, seperti ikan nila, lele maupun jenis ikan lainnya,” jelasnya.

Dikatakannya, ke depan diharapkan penataan Kali Lunyu ini akan lebih baik lagi seiring dengan keinginan dari Komuitas SungaiLunyu, sehingga sungai tersebut nantinya bisa menjadi tempat wisata.

Sementara itu, pengantin  pria, Wahudin mengatakan, dengan penebaran ikan di Kali Lunyu pihaknya sangat mendukung agarkelestarian sungai lunyu bisa tetap terjaga, bersih dan tidak tercemar dari sampah.Di sisi lain, Ketua Komunitas Peduli Sungai Lunyu, Doni Wahyono menyatakan, pihaknya berusaha untuk menciptakan tradisi tebar ikan di Sungai Lunyu agar ke depan ekositem bisa lebih terjaga

sumber: wikpedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *